Sunday 16 August 2015

MASTER PLAN PENATAAN KAWASAN ALUN - ALUN SATYA NEGARA

(Rencana Awal)


A. Latar Belakang

Alun-alun Satya Negara merupakan salah satu jantung/pusat kegiatan bagi masyarakat di Kabupaten Sukoharjo. Berlokasi di area strategis Kota Sukoharjo, Kawasan Alun-alun Satya Negara ini sering dimanfaatkan sebagai area untuk melaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Hari Nasional, dan sebagai public space (ruang publik) bagi masyarakat untuk melakukan olah raga, rekreasi, mengadakan panggung hiburan, ataupun sebagai city walk.



Gambar Kondisi Eksisting Alun Alun Kota Sukoharjo

Mengingat begitu pentingnya peranan dan fungsi dari Alun-alun Satya Negara ini, maka perlu dilakukan usaha penataan kawasan ini agar dapat memberikan manfaat yang optimal dan kebanggaan bagi masyarakat di Kabupaten Sukoharjo.

B. Lokasi
Alun-alun Satya Negara berlokasi di ruas Jalan Veteran, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Sebelah Timur dari Alun-alun Satya Negara ini adalah Kantor DPRD Kabupaten Sukoharjo, sedangkan sebelah Utara, Barat, dan Selatan dari Alun-alun Satya Negara merupakan bangunan permukiman dan perdagangan.

C. Stake Holder 
Alun-alun Satya Negara merupakan salah satu Aset Pemerintah Kabupaten Sukoharjo di bawah pengelolaan DPPKAD Kabupaten Sukoharjo.
Proses penyusunan DED (Detailed Engineering Design) dari Penataan Kawasan Alun-alun Satya Negara, Kabupaten Sukoharjo sedang dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2015 ini oleh Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukoharjo.

Diharapkan pada Tahun Anggaran 2016 yang akan datang dapat dilaksanakan kegiatan fisik Penataan Kawasan Alun-alun Satya Negara di Kabupaten Sukoharjo.

D. Waktu Pelaksanaan
Penyusunan DED (Detailed Engineering Design) dilaksanakan pada Tahun 2015, sedangkan pelaksanaan pekerjaan fisik Penataan Kawasan Alun-alun Satya Negara direncanakan pada Tahun 2016 yang akan datang.

E. Gambaran Umum 
Secara umum kawasan Alun-alun Satya Negara dibagi dalam beberapa Zona Aktifitas, yaitu: Sebelah Utara (Aktivitas Upacara dan Monumental), Sebelah Timur (Sitting Group dan Area bermain), Sebelah Selatan (Sitting Group, Tulisan Nama Alun-alun, Toliet Umum), Sebelah Barat (Area Olahraga, Sitting Group, Tempat Hiburan), dan Jalur Pedestrian di seluruh bagian.
Gambar Pembagian Zona Aktivitas Alun-alun Sukoharjo

Gambar Desain Rencana Penataan Kawasan Alun-alun Sukoharjo

Adapun beberapa penataan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:

1. Lapangan Rumput
Diberi ornamen Gunungan wayang sebagai jogging track dengan lebar 2m, Lapangan ditinggikan untuk meratakan permukaan, Penanaman rumput baru yang sejenis.

Gambar Rencana Peninggian Lapangan untuk Meratakan Permukaan

2. Sarana Upacara
Perbaikan material dan luasan pelataran pimpinan upacara dengan material jenis Granit 3 motif warna, Penambahan kanopi peneduh pimpinan upacara dengan ditopang 11 pilar beton dan atap dari rangkaian rangka baja dan besi, Perbaikan material jalur masuk (entri) Pasukan Paskibraka dengan ramp, Penambahan jalur masuk peserta upacara di sisi timur dan barat lapangan dengan bentuk trap tangga dan jalur difabel, Perbaikan bentuk dan letak “bendera 5 kelompok” dengan wadah dari ukiran batu candi.

3. Jalur Pedestrian
Tinggi level lantai/pelataran didesain rata, Material utama penutup lantai berupa Granit dan penambahan motif ornamen dari batu koral, Disediakan jalur bagi kaum difabel, Khusus untuk jalur pedestrian di sebelah selatan dilengkapi dengan “Pergola” berfungsi sebagai buffer/garis batas semu antara Alun-alun dengan lingkungan luar dengan desain setinggi 6m dengan lebar 4m, konstruksi kombinasi baja IWF dan besi hollow dengan penutup atap Polycarbonate warna biru bening.

Gambar Rencana Pergola Jalur Pedestrian

4. Sarana Rekreasi Keluarga
Penyediaan Sitting Group, Penyediaan sarana bermain anak, dan Penyediaan Taman.

Gambar Rencana Sitting Group dan Sarana Bermain Anak

5. Vegetasi
Penataan vegetasi eksisting menggunakan metode “cabut-tanam kembali”, Jarak antar vegetasi dibuat seragam dengan radius per 6m, Penanaman vegetasi baru (Jenis Palem Raja) pada sisi sebelah selatan alun-alun.

Gambar Rencana Penanaman Vegetasi Baru (Jenis Palem Raja) pada 

6. Tulisan Nama Alun-alun
Terletak di bagian sekatan Alun-alun, Berada di atas dinding 2,5m, Material tulisan berupa rangka besi dengan finishing luar Alcopan, Satu huruf tulisan direncanakan setinggi 2m, Dinding penopang tulisan didesain minimalis dengan finishing batu alam dan penambahan ornamen air mancur.

Gambar Rencana Desain Tulisan Alun-alun Satya Negara

7. Panggung Hiburan
Berada pada lokasi panggung hiburang eksisting, Arah pandang panggung menuju jalan raya, Penutup lantai panggung dari bahan Granit, Di area belakang terdapat tulisan “Sukoharjo Makmur” di atas dinding setinggi 170cm.

Gambar Rencana Bangunan Panggung Hiburan

8. Toilet Umum
Terletak di belakang dinding penopang tulisan Nama Alun-alun, Toilet umum direncanakan terdiri dari 6 bilik (3 bilik untuk pria dan 3 bilik untuk wanita).

9. Prasarana Setempat
Drainase lapangan direncanakan dengan sistem resapan, Penyediaan tempat sampah di beberapa titik lokasi, Air bersih menggunakan jaringan PDAM,, Penerangan jalan dan lapangan bersumber dari jaringan yang sudah ada dan mengganti dengan desain yang lebih modern.

Gambar Desain Drainase Alun-alun Satya Negara

10. Sarana Olahraga
Penyediaan lapangan futsal dan lapangan bola volly yang portabel.

Gambar Desain Sarana Olahraga Lapangan Futsal dan Bola Volly.

No comments:

Post a Comment